Suntik Vitamin C Saat Kelelahan

Suntik Vitamin C Saat Kelelahan

Suntik vitamin c selain terkenal sebagai pencerah kulit, kadang juga dimanfaatkan untuk membuat tubuh kembali segar ketika tubuh sedang mengalami kelelahan. Dan benar saja banyak dari mereka yang sudah mencoba dan membuktikannya. Ketika tubuh mengalami kelelahan lalu suntik vit c tubuh bisa kembali segar dengan cepat. Tapi apakah aman suntik vitamin C ketika tubuh sedang kelelahan?

kelelahan

Sebuah penelitian terbaru dari BMC Nutritioan Journal 2012, menunjukan dosis vitamin C yang disuntikan melalui intravena bisa mengurangi kelelahan secara signifikan. Pemberian vitamin C melalui suntikan bisa langsung masuk ke dalam vena. Sehingga menjamin obat yang disuntikkan akan memberikan efek yang lebih baik. Hal ini karena Vitamin C mengandung antioksidan yang terbukti mengurangi stress oksidatif

Sedangkan pemberian vitamin C melalui oral (minum) memberikan sedikit perbaikan dalam tingkat plasma vitamin C. Hal ini karena ketika di konsumsi secara oral, vitamin C mengalami metabolisme yang luas dan sebagian besar obat sudah hilang dalam proses tersebut.

Hasil studi menunjukkan suntik vitamin C melalui intravena dapat mengurangi kelelahan dalam waktu 2 jam setelah suntik dan efek berlangsung selama 1 hari. Dalam studi ini tidak ada efek samping suntik vitamin c yang signifikan, jadi suntik vitamin c aman untuk digunakan. Meskipun begitu suntik vitamin C yang melebihi dosis 2000mg dapat mengakibatkan terjadinya batu ginjal. Bila pemakaian lebih dari 2000mg selain dapat menganggu ginjal juga dapat menganggu lambung berupa penyakit maagh.

Suntik vitamin C ini hanya boleh dilakukan pada kondisi medis tertentu, dilakukan oleh tenaga ahli, sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini karena jika terjadi kesalahan dalam teknik penyuntikkan bisa membuat vitamin C nyasar ke jaringan otot atau lemak disekitar lokasi suntik bisa menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.

No comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *